Skip to content

Nusa Penida Miliki Rumput Laut Langka di Dunia

August 27, 2010

Nusa Penida, sebuah pulau kecil yang terletak sekitar sepuluh mil laut tenggara Bali, wilayah pantainya tercatat sebagai “museum” rumput laut langka di dunia.

Rumput laut jenis spinosum, merupakan species tumbuhan perairan langka, yang di Indonesia hanya terdapat di kawasan pantai Nusa Penida, ungkap beberapa petani rumput laut di Pantai Toya Pakeh, Nusa Penida, Rabu.

Menurut petani, sejumlah peneliti baik dari IPB Bogor maupun Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud), bahkan dari luar negeri, acap kali menyebutkan kalau spinosum merupakan species langka.

Para peneliti juga sering mengaku bersyukur species langka itu masih bisa tumbuh subur di kawasan pantai Nusa Penida yang tergolong belum banyak “di lanyah” pendatang atau kepentingan wisatawan.

Berbeda dengan kawasan pantai Pulau Dewata yang sengaja “dijual” untuk para wisatawan, nyaris tidak ada lagi yang “perawan”, apalagi dengan rimbunnya rumput laut.

I Putu Balon (36), petani rumput laut yang juga pemilik perahu motor sewaan, mengatakan, sesuai yang diinformasikan para peneliti, di kawasan pantai Nusa Penida selama ini ditumbuhi rumput laut dalam dua jenis, yakni spinosum dan katoni.

“Semula, sebelum para petani tahu kalau itu rumput laut langka, nyaris tak orang ada yang menggubris jenis spinosum,” ucapnya.

Namun kini, lanjut Balon, sebagian besar petani mulai memalingkan perhatiannya untuk membudidayakan spinosum, terlebih setelah harganya jauh lebih baik ketimbang jenis katoni.

Iwan Dewantara, peneliti masalah kelautan pada WWF Bali menyebutkan, dulu, petani rumput laut di Nusa Penida menjadikan katoni sebagai primadona, baik karena harganya masih cukup bagus di pasaran, maupun keberadaan species tersebut yang cukup banyak di perairan.

Namun belakangan, setelah jenis katoni mendapat saingan yang cukup ketat dari barang sejenis yang datang dari Sulawesi Tenggara, dengan sendirinya jenis ini menjadi anjlok harganya di pasaran Surabaya, Jawa Timur.

“Selama ini petani Nusa Penida ngirim barang ke Surabaya,” katanya menjelaskan.

Advertisements
One Comment leave one →
  1. ayu renon permalink
    January 5, 2011 3:59 am

    i like nusa penida…….. keren banget no 1 d DUNIA!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: